Kumpulan Pantun Terlengkap dan Terpopuler 2017

- Agustus 26, 2017
Kumpulan Pantun - Seperti yang kita ketahui, pengertian pantun itu sendiri adalah salah satu jenis puisi lama yang sangat luas dikenal dalam bahasa-bahasa Nusantara. Pantun bisa dikatakan lebih terkenal di bandingkan puisi, karena banyak masyarakat Indonesia yang bisa berpantun.
kumpulan pantun terlengkap dan terpopuler 2017
Pantun
Selain sangat mudah di pahami, pantun itu sendiri juga terkadang sangat lucu dan romantis dengan kata-kata yang tidak biasa dirangkai menjadi sebuah kalimat menarik. Ternyata pantun tersebut memiliki berbagai jenis pantun seperti pantun perpisahan, pantun anak anak, pantun lucu, pantun nasehat, pantun pendidikan, pantun perpisahan dan pantun agama.

Macam macam pantun itu sendiri memiliki arti dan kata yang berbeda-beda satu sama lain. Nah, berikut adalah jenis pantun yang perlu kamu ketahui.

Kumpulan Pantun Terlengkap dan Terpopuler 2017

1. Pantun Anak Anak

Ikan betutu dimakan gelatik
Perut lapar sudah kempong
Kamu itu memang cantik
Cantik-cantik giginya ompong
Harimau sudah makin sombong
Suka menghina yang jelak
Masih kecil sudah ompong
Mirip dengan nenek-nenek
Kancil cari undur-undur
Mencarinya muter-muter
Ada anak suka tidur
Sambil ngorok sambil ngiler
Sungguh sedap makan ketupat
Kiriman dari kakak ipar
Kami anak kelas empat
Rajin belajar dan pintar-pintar
Satu titik dua koma
Anak monyet pakai gincu
Lihat anak kelas lima
Suka ngebanyol dan melucu

2. Pantun Nasehat

Punya rumah di pinggir kali
Sungguh indah walau tak mewah
Bukan jumlah rizki dicari
Yang penting halal dan penuh berkah
Sayur kuah isinya sawi
Paling cocok waktu istirahat
Pandai-pandai lah menjaga diri
Karena Allah Maha Melihat
Kalau sahabat membeli bunga
Jangan lupa membawa bekal
Jika sahabat mengejar dunia
Jangan sampai akhirat tertinggal
Buat apa berbaju batik kalau
Tidak pake selendang
Buat apa berwajah cantik
Kalau tidak mau sembahyang
Pergi Haji ke Kota Mekah
Jangan Lupa bawa Kedondong
Orang yang Rajin sedekah
Insya Aallah masuk Surga dong
kumpulan pantun lengkap
Pantun Lucu

3. Pantun Pendidikan

Pohon jati kuat kayunya
Pohon nyiur tinggi batangnya
Murid sejati banyak ilmunya
Bekal mengabdi nusa bangsa
Jika kita pegang kuas
Melukislah pada kertas
Jika anak bangsa cerdas
Bangsa pun berkualitas
Pergilah ke tepi kali
Jangan lupa bawa guci
Bangkitlah anak pertiwi
Bangunlah negerimu ini
Jika pergi ke padang datar
Jangan lupa pulang berlabuh
Jika kita kepingin pintar
Belajarlah sungguh-sungguh
Kain tenun dari Sumbawa
Kain batik dari Pekalongan
Jika ingin jadi mahasiswa
Sekolah Dasar jangan diabaikan

 4. Pantun Agama

Sebatang pohon daunnya rimbun
Lebat daunnya tiada buahnya
Walaupun hidup seribu tahun
Kalau tak sembahyang apa gunanya
Pisang ambon di tanam di gunung
Tumbuh sepuluh layu sebatang
Buruk orang jangan dicari
Bila kita sedang berpuasa
Tekun kita beramal ibadah
Untuk belanja dikemudian hari
Kita serahkan kehadirat Allah
Mudah-mudahan disyafaatkan Nabi
Tante Mayang tetangga jaksa
Membeli bubur dikasih laksa
Tidak sembahnyang tidak puasa
Di dalam kubur mendapat siksa
Terang bulan terang Cahaya
Cahaya memancar ke Tanjung Jati
Jikalau hendak hidup bahagia
Beramal ibadah sebelum mati

 5. Pantun Lucu

Buat apa panen kelapa
Kalau belum tumbuh tunas
Buat apa membeli vespa
Cicilan kompor saja belum lunas
Jalan-jalan ke pinggir empang
Nemu sendok di pinggir empang
Hati siapa tak bimbang
Saya botak minta dikepang
Hari minggu sudahlah siang
Setelah siang menuju petang
Ditunggu tunggu gak juga datang
Sekali datang kok nagih utang
Buah mangga rasanya manis
dibungkus rapat didalam peti
Sayang walau wajah nya artis
tapi gayanya macam hellokitty
Makan belimbing dicampur terasi
Bikin kelepon ditambah santan
Wajahnya aja kayak artis televisi
Tapi kelakuan seperti setan.
Sebenarnya masih banyak lagi macam macam pantun seperti pantun jenaka, pantun tentang kehidupan dan lain-lain. Nah, diatas merupakan contoh pantun yang tentunya dapat kamu gunakan dalam mengadu pantun dengan teman kamu.

Semoga pengertian pantun dan jenis nya ini bermanfaat buat kita semua, karena sejatinya pantun maupun puisi adalah karya seni dari manusia yang perlu kita apresiasikan. Kata bijak pantun pun juga dapat kita buat asal sesuai dengan larik dan kosakata nya.

 

Mulai cari kata bijak yang cocok untuk Anda